WA (088809667255) atau klik HUBUNGI KAMI

BETON RINGAN


Mari mengenal beton ringan, apa itu beton ringan ?.
Beton ringan merupakan alternatif bahan bangunan secara umum dengan berbentuk balok sebagai pengganti bata tanah liat untuk membuat bangunan rumah atau gedung gedung.

Akan tetapi material bentuk selain balok yang di jadikan sebagai bahan bangunan buat dinding rumah, ada juga bentuk lain sehingga dengan memiliki bentuk lain sesuai kapasitas berat jenis nya dengan bidang proyek pengerjaan nya, maka menjadi multiguna untuk segala bidang konstruksi seperti buat kontruksi jalan layang(memakai jenis struktural), pagar panel rumah dan lain lain.

Jadi beton ringan mampu di aplikasikan untuk segala sektor pembangunan terutama untuk jenis beton ringan struktural bisa biasa di pakai buat segala kontruksi sebagai penahan beban berat di atas nya, dan masih ada jenis lain nya yang nanti akan kami jelas kan lebih dalam lagi.

Menurut Kardiono, 1992 : Beton di katakan sebagai beton ringan apabila berat nya kurang dari 1800 kg per meter kubik.
Mengapa demikian ? karna beton normal dengan berat 2400 kg / meter kubik masih cukup berat dan memiliki daya hantar panas yang cukup tinggi. Jadi dengan pembatasan berat kurang dari 1800 kg / meter kubik akan membuat beton menjadi lebih ringan dan daya hantar panas nya tidak berlebihan sehingga masih dalam kelayakan di pakai pada bangunan buat tempat tinggal.

Baca Juga : Panel Lantai Dari Beton

APA ITU BETON RINGAN

Mari kita ketahui lebih jelas nya tentang apa itu beton ringan

PENGERTIAN

Beton ringan atau lightweight concrete biasa di kenal dengan beton ringan aerasi atau beton busa, di mana bahan baku pembuatan beton ringan terdiri dari pasir kuarsa, Semen, Kapur, Gypsum, Aluminium pasta (Zat Pengembang). Kebutuhan bahan material tiap 1 meter kubik hanya sebanyak ± 0,5 – 0,6 m3 yang kemudian dirawat dengan tekanan uap air. Berat beton ringan dapat diatur sesuai kebutuhan dan penerapan pada bidang pembangunan. Jadi sangat berbeda dari beton normal(biasa). Selengkap nya Beton Ringan adalah .

CAMPURAN

campuran Beton ringan intinya mengandalkan agregat kasar dalam membentuk karakteristik kepadatan yang rendah sehingga menghasilkan berat yang dibawah beton normal. Beton ringan struktural memiliki kepadatan di tempat 90 hingga 115 lb/ft³, sedangkan kepadatan beton berat biasa berkisar antara 140 hingga 150 lb/ft³.

PASIR KUARSA

60% pasir kuarsa

SEMEN PORTLAND DAN AGREGAT KASAR RINGAN(SERPIHAN/KERIKIL HALUS)

30% campuran semen dan kapur, agregat kasar ringan bisa di hasilkan dari styrofoam, batu kapur, serbuk gergaji, batu apung, batu alwa, kerikil, batu pecah, terak tanur tiup atau beton semen hidrolis yang dipecah.

GYPSUM DAN ALUMINIUM PASTA

10% campuran gypsum dan pasta aluminium

FOAMING AGENT

beton ringan foaming agent

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BETON RINGAN

Setiap produk ada kelebihan dan kekurangan dan tidak mungkin sempurna, sekalipun di katakan sempurna pasti ada celah sekalipun sedikit kekurangan nya. Kami akan paparkan kelebihan dan kekurangan dari beton ringan seperti di bawah

KELEBIHAN

Ada beberapa kelebihan atau keuntungan dari pemakaian beton ringan, kami sebutkan diantara nya:

Kemudahan dalam pengiriman (Transportasi)

Karna bobot material beton ringan termasuk kategori enteng maka sangat memudahkan untuk operasi pengiriman produk baik transportasi jalur darat maupun laut.

Kemampuan dalam cuaca lembab dan juga menahan panas cuaca (thermal insulation)

Denngan kelebihan menahan cuaca lembab juga terhadapa sinar terik matahari maka menjadikan rumah atau bangunan lebih nyaman di tempati.

Kemampuan dalam menahan panas api (fire resistant)

Lebih sulit untuk terbakar. Beton ringan AAC termasuk jenis campuran beton yang tahan terhadap suhu tinggi, sehingga bata ringan menjadi tahan api. Bangunan yang dihasilkan pun menjadi lebih sulit untuk terbakar jika terjadi bencana kebakaran. Otomatis, area yang terbakar akan terbatas dan tidak meluas ke seluruh rumah atau bangunan.

Pemasangan lebih cepat dan mengurangi beban biaya

Mengapa bisa menjadi lebih cepat dan menjadi efisiensi pengeluaran biaya berkurang, karna alasan alasan berikut :
1. Pemasangan lebih cepat karna ukuran nya presisi maka cukup dengan material mortar (perekat instan).
2. Pemasangan lebih cepat karna bentuk nya lebih besar dari bata normal (yaitu berdimensi 60 cm x 20 cm. Tebalnya bervariasi, mulai 7,5 cm sampai 15 cm).
3. Mengurangi beban biaya karna mengurangi penggunaan bekisting (formwoork) dan juga perancah (scaffolding)

Kemampuan meredam suara dari luar bangunan

Mengapa bisa meredam suara dari luar, hal itu karna adanya rongga rongga dalam bahan bangunan beton ringan sehingga akan membuat kedap akan suara

Lebih ringan dari dinding beton normal

Bentuk nya lebih rapih dan seragam dari pada batu bata biasa

Mampu menahan beban tindih dan juga gerak seperti guncangan akibat gempa bumi dan sebagai nya

Karna struktur beton ringan (jenis ACC) mampu menahan beban buat di jadikan bangunan bertingkat atau pun ketika adanya guncangan tidak mudah retak

KEKURANGAN

kekurangan beton ringan

KEKUATAN DAN KELEMAHAN BETON RINGAN

KEKUATAN

kekuatan beton ringan

KELEMAHAN

kelemahan beton ringan

KEGUNAAN BETON RINGAN

UNTUK DAK

Beton ringan untuk dak biasa di pakai buat bangunan bertingkat yang membutuhkan panel lantai beton dengan berat ringan tapi kualitas terjamin.

UNTUK LANTAI

Beton ringan untuk lantai bisa buat lantai dasar bangunan dengan bentuk panel lantai beton juga kualitas tidak di ragukan lagi.

UNTUK DINDING

Beton ringan untuk dinding ada yang berbentuk lembaran (panel) cocok buat sekat dinding bangunan atau berbentuk balok (biasa dinamakan Hebel) digunakan buat dinding sisi pembentuk bangunan.

Baca Juga : Dinding Bata Beton Ringan Termurah

UNTUK PONDASI

Beton ringan untuk pondasi biasa nya menggunakan jenis beton ringan struktural karna sebagai pengganti bata merah buat pondasi awal (dasar) pemasangan suatu proyek seperti membuat dinding rumah bisa gunakan jenis tersebut sebagai pondasi penahan buat beton ringan jenis lain atau material lain di atas nya.

UNTUK TANGGA

Beton ringan untuk tangga juga sangat terlihat elegan karna kekokohan nya dalam menjaga keamanan buat kita ketika menggunakan tangga tersebut. Dan variasi bentuk nya bisa menggunakan yang berbentuk balok atau pun yang berbentuk panel, tergantung minat anda.

UNTUK KOLAM

Beton ringan untuk kolam bisa membuat awet kolam milik kita karna rancangan nya dan bahan material campuran nya mendukung buat hal tersebut. Kita bisa pasang dinding sekililing kolam dengan material yang berbentuk balok.

JENIS BETON RINGAN

Kami berikan beberapa jenis dari material ini sebagai berikut :

BERDASAR PENGGUNAAN

UNTUK BANGUNAN STRUKTURAL

Beton ringan struktur (Stuctural Lightweight Concretes), ketika konstruksi bangunan membutuhkan penahan yang kuat buat beban diatas nya maka jenis beton ringan ini sangat di perlukan sebagai pengganti bata merah(memang terkenal paling kuat). Seperti untuk pondasi(misal: pondasi dinding bangunan),dek jembatan, pilar dan balok, pelat dan elemen dinding pada bangunan rangka baja dan beton, struktur parkir, dinding miring, pelat topping dan pelat komposit di geladak logam. Maka gunakan jenis beton berat jenis 1400-1800 kg/meter kubik dengan kuat tekan > 17 MPa (Menurut Neville And Brooks, 1987).

UNTUK KOLABORASI DENGAN MATERIAL BATU DAN SEJENIS NYA

Beton ringan untuk pemasangan batu (Masonry Concretes)buat kolaborasi, ketika kita ingin memadukan nya dengan material dinding lain seperti batu bata, batu alam bangunan seperti marmer, granit, dan batu kapur, batu cor, blok beton, blok kaca, dan batako dan lain lain. Maka gunakan jenis beton berat jenis 500 sampai 800 kg/meter kubik dengan kuat tekan 7-14 MPa (Menurut Neville And Brooks, 1987).

UNTUK PENAHAN PANAS

Beton ringan penahan panas (Insulting Concrete), buat isolasi suhu ruangan biar tidak terlalu panas pada dua sisi bangunan menggunakan jenis beton berat ukuran kurang dari 800 kg/meter kubik dengan kuat tekan 0,7 sampai 7 MPa (Menurut Neville And Brooks, 1987). Cara membuat dinding bangunan di lakukan pengisian beton cor di antara dua sisi Insulting(isolasi/sekat dinding) beton ringan penahan panas.

BERDASAR CAMPURAN MATERIAL

Berdasarkan campuran material, maka terlahir nya variasi beton ringan dengan berbagai nama sesuai komposisi material nya.

AERASI

Beton ringan aerasi, mengapa disebut dengan aerasi ? karna bentuk nya di proses dengan memasukkan udara kedalam campuran material nya sehingga menjadi terlihat lebih lebar dan besar hasil nya dengan ketentuan berat jenis standar nya(bukan berat jenis beton normal). Dan penyebutan itu merupakan umum untuk seluruh jenis beton ringan(sekalipun ada perbedaan material tetap akan memiliki sifat aerasi ini).

STYROFOAM

Beton ringan styrofoam, bentuk campuran dengan styrofom untuk agregat kasar nya sebagai pengganti agregat dari batu kapur dan sejenis nya. maka di sebut dengan istilah tersebut.

GEOPOLIMER

Beton ringan geopolimer menjadi bentuk lain dengan jenis yang sama karna bahan geopolimer bisa menjadi pengganti semen portland. Sehingga dalam proses pembuatan nya tidak mengandalkan semen portland dengan komposisi utama nya cukup agregat, aktivator, dan prekursor.

BERDASAR PENGERINGAN

CLC

Beton ringan CLC (Cellular Lightweight Concrete) proses pembuatan nya adalah didasarkan pada pembuatan gelembung udara dalam bentuk busa kemudian mencampurkan busa tersebut ke dalam bubur semen/pasir. Bubur tersebut kemudian dituangkan ke dalam cetakan. Karena bubur CLC memiliki kandungan semen yang lebih tinggi, tidak diperlukan pengawetan autoklaf. Sebagai gantinya, produk jadi diawetkan seperti beton normal atau Dikukus dengan tekanan rendah untuk mencapai kekuatan awal. Dibandingkan dengan produk ringan AAC, gelembung udara CLC secara signifikan lebih kecil, lebih kuat, dan setiap gelembung adalah bagian dari sistem sel tertutup – yang berarti produk blok EnviroBUILD memiliki daya serap air yang lebih rendah – sekitar setengah dari penyerapan air sebagai AAC dan Bata. Dibandingkan, CLC meningkatkan kekuatannya tanpa batas di bawah kondisi atmosfer dan oleh karena itu tidak harus dilindungi dari kelembaban.
Dan Intinya proses pengeringan dilakukan secara alami. CLC sering disebut juga sebagai Non-Autoclaved Aerated Concrete (NAAC).

AAC

Beton ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dalam proses pembuatan nya menggunakan bubuk aluminium untuk mengkatalisis reaksi yang menghasilkan gas hidrogen – gelembung yang terbentuk dari reaksi dan terperangkap dalam kapur, pasir, gipsum dan persentase yang sangat kecil dari bubur semen. Bubur dibiarkan mengeras dan kemudian produk dipotong menjadi panel atau pasir blok yang ditempatkan dalam autoklaf untuk diawetkan (autoklaf diperlukan karena bubur memiliki kandungan semen yang rendah).
Dan Inti nya proses pengeringan menggunakan teknologi dalam oven autoklaf bertekanan tinggi.

UKURAN BETON RINGAN

Ukuran beton ringan ada berbagai macam variasi ukuran nya tergantung dari sisi proyek yang akan di kerjakan, adakalanya kita hanya butuh buat dinding rumah atau bangunan kita saja atau bisa jadi untuk keseluruhan kontruksi bangunan bisa buat pagar nya, lantai, atap dan seterus nya. Selengkap nya Ukuran Beton Ringan .

BETON RINGAN MERK

QUIPANEL

beton ringan quipanel

BETON RINGAN WILAYAH

BOGOR

beton ringan bogor